Tesis

Perbedaan Jumlah Sel Stelata Hati Aktif CD38+ Pada Berbagai Derajat Fibrosis Serta Hubungnnya Dengan AST, ALT, Jumlah HCV RNA Kuantitatif Pada Hepatitis C Kronik = CD38+ Active Hepatic Stellate Cells Count Difference At Various Fibrosis Stage And Correlation With AST, ALT, Quantitative HCV RNA In Chronic Hepatitis C Patients.

LatarBelakang: Sekitar 3% populasi di dunia terinfeksi virus hepatitis C. Protein virus hepatitis C memodulasi apoptosis dan steatosis, cedera sel hati, mengaktifkan sel stelata hati dan fibrosis hati. Infeksi virus hepatitis C akan menimbulkan cedera pada hepatosit. Cedera pada hepatosit ini akan mengaktivasi sel stelata hati. Sel stelata berperan besar pada proses perkembangan fibrosis hati..
Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan jumlah sel stelata hati aktif CD38+ pada berbagai derajat fibrosis serta hubungnnya dengan AST, ALT, jumlah HCV RNA kuantitatif pada hepatitis C kronik.
Metoda: Penelitian ini merupakan studi potong lintang yang dilakukan pada 32 pasien hepatitis C kronik yang sudah dilakukan USG hati dan tidak menderita hepatoma serta telah dilakukan biopsi hati. Paraffin block jaringan hati pasien selanjutnya diwarnai menggunakan teknik Hematoksilin Eosin untuk menilai derajat Metavir yang dikategorikan menjadi derajat ringan-sedang atau berat. Pewarnaan khusus dilakukan untuk menilai sel stelata hati yang dihitung rata-rata pada lima lapangan pandang.
Hasil: Pada penelitian ini didapatkan perbedaan jumlah sel stelata hati CD38+ yang bermakna antara fibrosis derajat berat dan derajat ringan-sedang (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Titos Ahimsa - Nama Orang
Suhendro - Nama Orang
Rino Alvani Gani - Nama Orang
Ari Fabrial Syam - Nama Orang

No. Panggil
T 15 115 FK
Penerbit
: PPDS Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvii, 20 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15115FKT15115FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbedaan Jumlah Sel Stelata Hati Aktif CD38+ Pada Berbagai Derajat Fibrosis Serta Hubungnnya Dengan AST, ALT, Jumlah HCV RNA Kuantitatif Pada Hepatitis C Kronik = CD38+ Active Hepatic Stellate Cells Count Difference At Various Fibrosis Stage And Correlation With AST, ALT, Quantitative HCV RNA In Chronic Hepatitis C Patients.

Related Collection